Sabtu, 14 Juni 2014

Ekonomi Web



  
Materi Softskill oleh :
Alvi Fajrin
Fajar Rizky
Riyana Wicaksono (56412508)
Teuku Alfian Pase  (57412341)
       
            Dalam pembahasan kali ini masih seputar tentang Tugas Softskill, namun kali ini sesuai pada postingan sebelumnya, bahwa saya ingin melanjutkan pembahasan tentang tugas ini. Berbeda dari pembahasan sebelumnya yang bertemakan Analisis Web, namun dalam pembahasan kali ini, saya bersama teman teman saya ingin membahas tentang Ekonomi Web.

·     Iklan, termasuk lintas laman iklan
Periklanan adalah sumber informasi bagi para konsumen dan sumber kekuatan pasar bagi para pengiklan.Periklanan telah dituduh merugikan masyarakat karena sepertinya ia lebih dari sekedar menjual produk-produk baru ia juga dapat membentuk kecenderungan dan sikap social secara kuat.Denagn intenet sebuah perusahaan dapat menyajikan kombinasi iklan ,informasi,dan hiburan yang berhubungan dengan produk mereka kepada konsumen.Para konsumen mampu mengendalikan penampakan produk pada mereka dan akhirnya memtutuskan apakah mereka ingin lebih mengetahuinya atau bahkan memesannya.Dengan mengetatnya anggaran periklanan pada tahun 1990-an keandalan menjadi lebih penting daripada sebelumnya.Para pengiklan internet mampu mencatat jumlah orang yang benar-benar melihat iklan mereka dan dari awal mengetahui berapa banyak biaya yang dibebani mereka setiap kunjungan situs Web.


Karakteristik Lingkungan Periklanan
• kekuatan lingkungan selalu berubah
• perubahan lingkungan menciptakan ketidakpastian, ancaman, peluang (dalam dinamika periklanan)
• tanggapan terhadap perubahan lingkungan:
* reaktif apabila tdk dpt mengendalikan elemen-2 lingkungan, caranya selalu menyesuaikan diri dgn perkembangan yg ada
* proaktif apabila memiliki sejumlah kendali dan resources, caranya dgn mengambil langkah-2 utk melakukan perubahan yg menghasilkan lingkungan yg lebih kondusif

Iklan Terhadap Pengaruh Ekonomi
1.    Iklan sebagai transaksi atau peristiwa yang ekonomi yang mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat.
• Iklan sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).
• Memberi keuntungan kepada agen iklan.
• Membuka lapangan kerja.
• Iklan menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.
• Industri periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
• Seiring dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
• Saat krisis ekonomi 1998, industri periklanan merupakan satu-satunya industri yang cepat keluar dari keterpurukan.
• Data AC Nielsen: belanja iklan 2001 Rp 9,717 triliun à 2002 Rp 12 triliun (ada kenaikan 200 % dari belanja iklan 1997). Fantastis! Tahun 1997 ada 179 merek yang diiklankan di media utama nasional à Tahun 2000 ada 237 merek (Cakram, Juni 2000). Artinya kalangan industri masih memberikan kepercayaan melakukan promosi produk melalui iklan.
• Periklanan mendatangkan pajak besar bagi daerah.

2.    Dampak (Cakram, Juni 2000). Artinya kalangan industri masih memberikan kepercayaan melakukan promosi .
·  pesan yang ditimbulkan.
·  Meningkatkan pemasaran produk.


·     Pencarian
Pencarian pada ekonomi web pada umunya adalah melalui penjualan online. Penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet.

Pengaruhnya: 
  • Kehadiran e-commerce yang terus berkembang lambat laun akan merubah   kebiasaan bertransaksi sebagian masyarakat kita. Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online ketimbang melangkahkan kaki ke outlet penjualan. Ruang dan waktu bukan lagi menjadi kendala. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dengan kalangan bisnis asing untuk menjalin kerjasama atau ingin mengakses pasar mancanegara.
  • seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online. Banyak sekali situs yang menyediakan jual beli online. Salah satu yang terbesar adalah TokoBagus(dot)com. Dengan adanya Internet pula kita tidak perlu repot pergi untuk membeli barang yang kita butuhkan. Tinggal pesan saja melalui transaksi ataupun dengan cash.
  • Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi.

      Auctioning dalam pencarian dan online auctions
Online Auction adalah mekanisme pasar online dimana penjual menawarkan produk dan pembeli melakukan penawaran secara berurutan secara kompetitif hingga harga terakhir dicapai. Di Online Auction ini, mereka menggunakan teknologi informasi yang tidak dibatasi oleh jarak dan waktu.

Contoh:
amazone adalah ajang pasar online dunia. Di amazone, kita dapat melakukan transaksi online sebagai penjual atau pembeli.

Didalam Online Auction, menerapkan konsep dynamic pricing, yaitu harga yang berubah berdasarkan pada hubungan penawaran dan permintaan pada waktu tertentu. Ada 4 kategori utama dynamic pricing, yaitu:
1.      Satu pembeli, satu penjual
2.      Satu penjual, banyak pembeli potensial
3.      Satu pembeli, banyak penjual potensial
4.      Banyak penjual, banyak pembeli

Manfaat dari online auction dibagi menjadi 3 bagian, yaitu:
1.    Manfaat bagi penjual
         Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu.
         Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar.
         Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan.

2.      Manfaat bagi pembeli
       Kesempatan untuk menemukan barang unik.
       Hiburan bagi pembeli
       Pembeli bisa menawar dari manapun, bahkan dengan telepon selular.

3.    Manfaat bagi auctioner
       Pembelian yang lebih tinggi.
       Pembeli cenderung untuk berkunjung lebih lama dan kembali lebih sering.
       Ekspansi bisnis lelang.

Kekurangannya :
· Kurangnya keamanan,
· Kemungkinan adanya kecurangan,
· Serta terbatasnya partisipan.


Mungkin itu saja berbagi pengetahuan tentang Ekonomi Web, apabila ada kata kata yang salah mohon dimaafkan.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar